Bisnis  

Dapat Rp1,8 Triliun Di Lembaga Keuangan Internasional, Kemenhub Bangun Jaringan Transportasi

Pembantu Kepala Negara Perhubungan Budi Karya Sumadi. FOTO/Ist

JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Merasakan pinjaman Di Lembaga Keuangan Internasional sebesar Rp1,8 triliun. Dana tersebut rencananya Berencana digunakan Kemenhub Bagi membangun jaringan transportasi Ke dua kota, yakni Medan dan Bandung.

Pembantu Kepala Negara Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Ke Kota Medan, Kemenhub Berencana membangun depo tempat pemberhentian akhir Kendaraan Angkutan Umum. Samping Itu, dana Di Lembaga Keuangan Internasional itu juga Berencana digunakan Bagi perbaikan koridor Kendaraan Angkutan Umum Rapid Transit (BRT) Kota Medan, seperti pembangunan pedestrian dan halte.

“Dana Rp1,8 triliun bukan Bagi depo saja, depo hanya Rp300 miliar. Perbaikan dilakukan Bagi satu koridor BRT Medan yang panjangnya hampir 10 kilometer, Ke mana Ke situ ada pedestrian, halte yang ikonik, aman, dan sebagainya. Singkat kata, bisa dikatakan bahwa ini Dari Sebab Itu suatu percontohan,” ujar Menhub Di keterangan resminya, dikutip Sabtu (29/6/2024).

Menhub mengatakan, depo yang Berencana dibangun Berencana dilengkapi Di Stasiun Pengisian Sepedamotor Listrik Umum (SPKLU). Hal tersebut sejalan Di Wacana pengambilalihan BRT Di pemerintah pusat Hingga Pemerintah Kota Medan Ke 17 Agustus 2024 dan konversi BRT menjadi kendaraan berbasis listrik.

Menhub pun membuka kesempatan Bagi pihak yang berminat melakukan kerja sama pendanaan kreatif Lewat penggunaan lahan yang masih tersedia Ke Terminal Amplas. “Bisa membangun hotel, kantor, Fasilitas Medis, supaya lahan yang dimiliki Bangsa Lewat Kemenhub begitu produktif,” ujarnya.

Walikota Medan Bobby Nasution yang turut hadir Ke peninjauan tersebut, menyampaikan komitmennya Di mendukung proyek pekerjaan tingkat nasional yang ada Ke Kota Medan. “Kita berikan lahan Di Pemkot Medan. Lalu per 17 Agustus, Bisa Jadi Dari Sebab Itu hadiah juga Bagi Kelompok Kota Medan yang menggunakan transportasi umum. Nanti kalau bisa seluruhnya Berencana pakai Sepedamotor Listrik,” tuturnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Dapat Rp1,8 Triliun Di Lembaga Keuangan Internasional, Kemenhub Bangun Jaringan Transportasi